Minggu, 11 Desember 2011

PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) BY RODIYAH

A. JUDUL PENELITIAN


Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Belajar Peserta Didik.



B. LATAR BELAKANG MASALAH

Pembelajaran dapat diartika sebagai kegiatan yang ditujukan untuk membelajarkan siswa dengan tujuan mencapai prestasisiswa ( peserta didik ) yang baik dengan melibatkan guru sebagai tokoh utama yang melaksanakan proses pembelajaran tersebut.

Secara implicit guru didalam proses pembelajaran ada kegiatan memilih, menetapkan dan mengembangkan metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan .

Prestasi belajar peserta didik pada kenyataannya sering mengalami penurunan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah hasil pembelajaran yang diinginkan.

Peran guru dalam memilih metode mengajar harus disesuaikan dengan tujuan , metode pembelajaran yang baik adalah jika metode tersebut dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran efektif, oleh karena itu menurut ’Syaiful Bahri Djamarah ( 2000: 84) penggunaan metode mengajar harus didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan :

1. Berorientasi pada tujuan

2. Tidak terkait pada satu alternative saja

3. Sering digunakan dalam kombinasi metode

4. Sering digunakan berganti-ganti dati suatu metode ke metode lain.

Hasil analisis Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ‘Melaksanakan Komunikasi Bisnis’ di dua kelas yaitu kelas x PM1 dan kelas XPM2 menunjukkan perbedaan nilai (Hasil belajar) dengan menggunakan dua metode pengajaran yang berbeda, dengan data sebagai berikut :



NO KELAS NILAI RATA-RATA UTS METODE PENGAJARAN

1 XPM1 8,5 METODE DEMONSTRASI

2 XPM2 8,0 METODE DISKUSI



Dari permasalah tersebut maka guru sebagai tenaga pendidik harus menentukan pilihan yang tepat dalam metode pengajaran supaya hasil belajar (NILAI) siswa meningkat dengan baik karena siswa dapat mengerti, memahami dan terampil/kompeten pada mata pelajaran ‘Melaksanakan Komunikasi Bisnis’.

Menurut H. Malik (2002:155) hasil belajar tampak sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang dapat diamati dan diukur dalam perubahan dan pengetahuan, sikap dan keterampilan (Team Prestasi Belajar-ebimbel.net / bimbingan belajar / 301-T…/google.com)



C. IDENTIFIKASI MASALAH

Berdasarkan uraian diatas maka dapat diidentifikasikan sejumlah masalah untuk diteliti lebih lanjut :

1. Apakah pengaruh metode pengajaran terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik ?

2. Apakah pengaruh metode diskusi terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik ?

3. Apakah pengaruh Metode pengajaran Berkombinasi terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik ??

4. Apakah pengaruh metode demontrasi terhadap peningkatan prestasi peserta didik ?



D. PEMBATASAN MASALAH

Dari uraian identifikasi masalah diatas ternyata banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan prestasi belajar peserta didik, karena keterbatasan peneliti dalam hal waktu, biaya, tenaga, dan agar penelitian terarah, maka penelitian ini hanya akan membahas pada : “ Metode Demonstrasi dan Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik.



E. PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah diatas, maka masalah yang akan dibahasa dalam penelitian ini adalah :

“Apakah ada Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik ?”



F. PEMECAHAN MASALAH

Berdasarkan rumusan masalah diatas maka pemecahan masalah melalui hipotesis adalah :

“ Jika Metode Demonstrasi diterapkan pada kelas X PM 2 maka Prestasi Belajar Peserta Didik Meningkat “.



G. TUJUAN PENELITIAN

Ingin mengetahui Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik.



H. MANFAAT PENELITIAN

Manfaat dari Hasil Penelitian ini adalah :

1. Memberikan motivasi belajar bagi siswa sehingga meningkat prestasi belajarnya.

2. Memberikan motivasi dan inovasi kepada guru untuk lebih meningkatkan kualitas pengajaran yang lebih profesional

3. Memberikan informasi dan masukan kepada satuan pendidikan untuk memperhatikan faktor-faktor yang akan mempengaruhi kualitas pendidikan sehingga mendukung guru dan siswa dalam proses pembelajaran.



I. KAJIAN PUSTAKA

1. Prestasi Belajar

Pengertian prestasi belajar menurut Poerwanto (1986:28) yaitu : Hasil yang dicapai oleh seseorang dalam usaha belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam raport, selanjutnya Winkel (1996:162) mengatakan bahwa prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam melakukan kegiatan belajar dengan bobot yang dicapainya.

Prestasi belajar menurut S. Nasution (1996:17) adalah kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam berfikir, merasa dan berbuat. Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek : kognitif, afektif, dan psikomotor dan sebaliknya kurang sempurna apabila tidak memenuhi ketiga aspek tersebut. (Ketercapaian Prestasi Belajar <



2. Metode Demonstrasi

Metode Demonstrasi menurut Nana Sudjana (1999:83) adalah suatu metode mengajar yang memperlihatkan bagaimana proses terjadinya sesuatu . Sedangkan Albert Bandusa (1986) seorang pakar social learning menyatakan penggunaan pendekatan demonstrasi, pemanfaatan observasi dan imitasi (Peniruan) dalam proses ransfer pengetahuan serta informasi yang berlangsung di kelas. (Long way To Go : Demonsrative Strategy in Learing, Cohan-blogspot.com /2011/03/de…google.com)



3. Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar

Pendidikan dalam beragam cara dan bentuk selalu bermuara pada suatu tujuan yaitu terjadinya proses transfer informasi beserta ilmu pengetahuan, untuk mencapai tujuan tersebut para praktisi menyusun suatu stratregi/Metode pengajaran. Menurut Alber Bandusa (1986) tujuan utama strategi demonstrative atau metode demonstrasi adalah anak didik melalui observasi dan imitasi (peniruan) telah membawa pengaruh positif pada saat diterapkan yaitu anak didik terlihat segar dan antusias dalam, menjelaskan serta mendemonstrasikan tiap step yang diajarakan dengan jelas dan sejauhmana pemahaman siswa dengan melalui metode feed-back dan key teaching point, dengan kepraktisan metode tersebut memungkinkan akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

(Long way To Go : Demonsrative Strategy in Learing, Cohan-blogspot.com /2011/03/de…google.com).



J. METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptip :

1. Subjek penelitian adalah siswa kelas X PM 2 SMKN 2 Cikarang Barat Kab.Bekasi

2. Tempat Penelitian SMKN 2 Cikarang Barat

3. Waktu Penelitian Bulan Juli-Desember 2011

4. Langkah-langkah (Scenario) PTK

- Survey ke kelas X PM2 yang telah direkap nilainya lebih rendah dari kelas X PM1.

- Menerapkan (Uji Coba) metode Demonstrasi di kelas X PM 2 pada materi ‘ Media Komunikasi.

5. Hasil / Kriteria keberhasilan melihat nilai ulangan tertulis setelah siswa melaksanakan pengajaran metode demonstrasi



K. JADWAL PENELITIAN



NO KEGIATAN JULI AGUST SEPT oKT NOP DES

1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4

1 Pengajuan judul v v

2 Pengajuan Proposal v

3 Revisi Proposal v V

4 Penelitian kelas v V

5 Pelaksanaan refleksi v V

6 Pelaksanaan siklus v v V

7 Pengolahan nilai V v V

8 Evaluasi belajar v v

9 Rekapitulasi Nilai V v

10 Kesimpulan V v

11 Laporan PTK V V

12 Pengesahan PTK V





L. DAFTAR PUSTAKA



Bandusa Albert (1986) Long Way To Go : Demonstrasi Strategic in Learning, HTPP

Google.com cohan.cohan Blogspot.com 2011/03/de…



Djamara Syarif Bahri (2000), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung,

CV. Alfabata.



Hamalik ( 1986), Teori Prestasi Belajar, ebi bimbel.net Bimbingan Belajar / 301-T

Google.com



Poerwanto (1986), Ketercapaian Prestasi Belajar << Dunia Ilmu ridwan (202)

wordpress.com /2008/05/03.



S. Nasution (1986), Ketercapaian Prestasi Belajar << Dunia Ilmu ridwan (202)

wordpress.com /2008/05/03.



Winkel (1986), Ketercapaian Prestasi Belajar << Dunia Ilmu ridwan (202)

wordpress.com /2008/05/03.



Sudjana Nana (1999), Strategi Belajar, Jakarta, Universitas Negeri Jakarta

















Bekasi, Desember 2011

Mengetahui :

Kepala SMKN 2 Cikarang Barat Peneliti,









Drs. Manito Puji Haryanto, M. Pd Rodiyah, M.Pd

NIP. 1961225 198903 1 009 NIP. 19700111 200801 2 003

NILAI UAS PRODUKTIP PEMASARAN KELAS X PM SMKN 2 CIKARANG BARAT 2011/2012

DAFTAR NILAI UAS SEMESTER GASAL


PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN

TAHUN PELAJARAN 2011 /2012



KELAS X PM 1 KKM : 75

MATA PELAJARAN : PRODUKTIF PEMASARAN

STANDAR KOMPETENSI : MELAKSANAKAN KOMUNIKASI BISNIS

KOMPETENSI DASAR : BAB 3 TEKNIK KOMUNIKASI

BAB 4 JENIS-JENIS KOMUNIKASI





NO NAMA NILAI KETERANGAN

1 Ade Masturoh 75 KOMPETEN

2 Alizar Akbar 75 KOMPETEN

3 Bella Yuliana Manulang 85 KOMPETEN

4 Deslyana 70 TIDAK KOMPETEN

5 Dhika Pratama 75 KOMPETEN

6 Dian Lestari 75 KOMPETEN

7 Eka suryani 70 TIDAK KOMPETEN

8 Erwanda Dwi Abiyoga 85 KOMPETEN

9 Firdhatul aini 70 TIDAK KOMPETEN

10 Ghina Rahmatina 90 KOMPETEN

11 Heri Arianto 80 KOMPETEN

12 Latifah Hopiah 75 KOMPETEN

13 Lidya Meilisa 70 TIDAK KOMPETEN

14 Lingga Febriana 70 TIDAK KOMPETEN

15 M. Fauzi 55 TIDAK KOMPETEN

16 M. Syarifuddin 75 KOMPETEN

17 Muhammad Ikhsan 75 KOMPETEN

18 Mutiara Noersandi 75 KOMPETEN

19 Novi Kurnia 75 KOMPETEN

20 Rachmawati 75 KOMPETEN

21 Rohita L.R 85 KOMPETEN

22 Sahroh Martono 70 TIDAK KOMPETEN

23 Santi Intan P.S 85 KOMPETEN

24 Sarasati Stro N 65 TIDAK KOMPETEN

25 Silvia Anggraeni 70 TIDAK KOMPETEN

26 Siti Nur Kholifah 70 TIDAK KOMPETEN

27 Siti Rohmah 75 KOMPETEN

28 Sri Wahyuni 80 KOMPETEN

29 Vidya Ayu Anisa Fitri 85 KOMPETEN

N. TERTINGGI 90

N.TERENDAH 55

N.RATA-RATA 75,17241379



Cikarang, 10 Desember 2011

Guru Mata Diklat

Rodiyah, M.Pd







KELAS X PM 2 KKM : 75

MATA PELAJARAN : PRODUKTIF PEMASARAN

STANDAR KOMPETENSI : MELAKSANAKAN KOMUNIKASI BISNIS

KOMPETENSI DASAR : BAB 3 TEKNIK KOMUNIKASI

BAB 2 JENIS-JENIS KOMUNIKASI



NO NAMA NILAI KETERANGAN

1 Abdulloh Nur Fauzi 70 TIDAK KOMPETEN

2 Alawiyah 85 KOMPETEN

3 Andi Lala 60 TIDAK KOMPETEN

4 Anesty Hadiyani 70 TIDAK KOMPETEN

5 Anis Setyani 80 KOMPETEN

6 Ayu Hartien Suhati 80 KOMPETEN

7 Ayu Yuningsih 70 TIDAK KOMPETEN

8 Fairuz Kharida 70 TIDAK KOMPETEN

9 Fasalma 75 KOMPETEN

10 Faturrahman, P. 65 TIDAK KOMPETEN

11 Fitri Yanti 70 TIDAK KOMPETEN

12 Indah Apsari 80 KOMPETEN

13 Indah Dwi Rahayu 70 TIDAK KOMPETEN

14 Irmawati 75 KOMPETEN

15 Isma Rismawati 70 TIDAK KOMPETEN

16 Kiki Fatmala 75 KOMPETEN

17 Lulu Masturoh 65 TIDAK KOMPETEN

18 Lutfi Hade Daeni 75 KOMPETEN

19 Nirmala 70 TIDAK KOMPETEN

20 Nur Aintan Sari 75 KOMPETEN

21 Nurulita Safitri 75 KOMPETEN

22 Puspita Dewi 70 TIDAK KOMPETEN

23 Riah Nuraini 60 TIDAK KOMPETEN

24 Risma Madinatul 80 KOMPETEN

25 Rosianah 80 KOMPETEN

26 Siti Nadya Wati 60 TIDAK KOMPETEN

27 Trimahayu Agustin 70 TIDAK KOMPETEN

28 Ulfah Dwi Yanti 65 TIDAK KOMPETEN

N. TERTINGI 85

N. TERTENDAH 60

N. RATA-RATA 71,79



Cikarang, 17 Desember 2011

Guru Mata Diklat

Rodiyah, M.Pd















KELAS X PM 1 KKM : 75

MATA PELAJARAN : PRODUKTIF PEMASARAN

STANDAR KOMPETENSI : MELAKSANAKAN PELAYANAN PRIMA

KOMPETENSI DASAR : 1. MELAKSANAKAN STANDAR PENAMPILAN

2. MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN PRIMA





NO NAMA NILAI KETERANGAN

1 Ade Masturoh 95 KOMPETEN

2 Alizar Akbar 90 KOMPETEN

3 Bella Yuliana Manulang 85 KOMPETEN

4 Deslyana 80 KOMPETEN

5 Dhika Pratama 70 TIDAK KOMPETEN

6 Dian Lestari 85 KOMPETEN

7 Eka suryani 80 KOMPETEN

8 Erwanda Dwi Abiyoga 90 KOMPETEN

9 Firdhatul aini 90 KOMPETEN

10 Ghina Rahmatina 90 KOMPETEN

11 Heri Arianto 70 TIDAK KOMPETEN

12 Latifah Hopiah 75 KOMPETEN

13 Lidya Meilisa 80 KOMPETEN

14 Lingga Febriana 80 KOMPETEN

15 M. Fauzi 70 TIDAK KOMPETEN

16 M. Syarifuddin 90 KOMPETEN

17 Muhammad Ikhsan 85 KOMPETEN

18 Mutiara Noersandi 80 KOMPETEN

19 Novi Kurnia 80 KOMPETEN

20 Rachmawati 75 KOMPETEN

21 Rohita L.R 90 KOMPETEN

22 Sahroh Martono 70 TIDAK KOMPETEN

23 Santi Intan P.S 95 KOMPETEN

24 Sarasati Stro N 95 KOMPETEN

25 Silvia Anggraeni 90 KOMPETEN

26 Siti Nur Kholifah 85 KOMPETEN

27 Siti Rohmah 95 KOMPETEN

28 Sri Wahyuni 95 KOMPETEN

29 Vidya Ayu Anisa Fitri 90 KOMPETEN

N. TERTINGGI 95

N.TERENDAH 70

N.RATA-RATA 84,31



Cikarang, 10 Desember 2011

Guru Mata Diklat

Rodiyah, M.Pd











KELAS X PM 2 KKM : 75

MATA PELAJARAN : PRODUKTIF PEMASARAN

STANDAR KOMPETENSI : MELAKSANAKAN PELAYANAN PRIMA

KOMPETENSI DASAR : 1. MELAKSANAKAN STANDAR PENAMPILAN

2. MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN PRIMA



NO NAMA NILAI KETERANGAN

1 Abdulloh Nur Fauzi 80 KOMPETEN

2 Alawiyah 80 KOMPETEN

3 Andi Lala 70 TIDAK KOMPETEN

4 Anesty Hadiyani 80 KOMPETEN

5 Anis Setyani 75 KOMPETEN

6 Ayu Hartien Suhati 85 KOMPETEN

7 Ayu Yuningsih 80 KOMPETEN

8 Fairuz Kharida 80 KOMPETEN

9 Fasalma 80 KOMPETEN

10 Faturrahman, P. 80 KOMPETEN

11 Fitri Yanti 75 KOMPETEN

12 Indah Apsari 90 KOMPETEN

13 Indah Dwi Rahayu 85 KOMPETEN

14 Irmawati 75 KOMPETEN

15 Isma Rismawati 80 KOMPETEN

16 Kiki Fatmala 85 KOMPETEN

17 Lulu Masturoh 80 KOMPETEN

18 Lutfi Hade Daeni 75 KOMPETEN

19 Nirmala 75 KOMPETEN

20 Nur Aintan Sari 60 TIDAK KOMPETEN

21 Nurulita Safitri 90 KOMPETEN

22 Puspita Dewi 75 KOMPETEN

23 Riah Nuraini 70 TIDAK KOMPETEN

24 Risma Madinatul 75 KOMPETEN

25 Rosianah 85 KOMPETEN

26 Siti Nadya Wati 80 KOMPETEN

27 Trimahayu Agustin 75 KOMPETEN

28 Ulfah Dwi Yanti 75 KOMPETEN

N. TERTINGI 90

N. TERTENDAH 60

N. RATA-RATA 78,39



BAGI YANG BELUM MENCAPAI NILAI KKM (TIDAK KOMPETEN) MAKA

DIHARUSKAN MENGIKUTI REMIDIAL DIADAKAN SETELAH UAS NORMATIP ADAPTIP

TANGGAL 19 & 20 DESEMBER 2011 DIGABUNG KELAS X PM 1 DAN XPM2



CIKARANG, 10 Desember 2011

GURU MATA DIKLAT





RODIYAH, M.Pd

Sabtu, 10 Desember 2011

RPP BERKARAKTER BY RODIYAH

Contoh RPP BERKARAKTER (Softcopynya ada di Kurikulum SMKN 2 Cikarang Barat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
RODIYAH, M.Pd
NIP. 19700111 200801 2003
 
Nama Sekolah              : SMKN 2 Cikarang Barat
Mata Pelajaran              : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas / Semester           : X / 2
Standar Kompetensi      : Melaksanakan Komunikasi Bisnis
Kode Kompetensi         : KK09
Kompetensi Dasar          : Menggunakan Media Komunikasi yang Tersedia
Indikator (Kriteria Kinerja) :
1.  Menjelaskan pengertian media komunikasi dengan baik dan komunikatif
2. Menggunakan salah satu media komunikasi bisnis dengan benar dan penuh rasa ingin tahu serta bertanggung jawab.

 
Alokasi Waktu          :     2 X 45 menit
Pertemuan ke            :     14

 
A. Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian media komunikasi dengan baik dan secara komunikatif.
2. Peserta didik dapat membedakan jenis media komunikasi dengan benar dengan rasa ingin tahu.
3. Peserta didik dapat menggunakan salah satu media komunikasi dengan benar dan bertanggung jawab.

 
 B. Materi Pembelajaran
      Media Komunikasi : suatu alat yang dipergunakan untuk memudahkan penyampaian informasi dari  
      seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Jenis media komunikasi dapat dikelompokkan dalam tiga macam, yaitu :
  1. Media komunikasi berupa audio, yaitu suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran, contohnya radio, telepon, tape recorder dan sebagainya.
  2. Media Komunikasi berupa visual, yaitu alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan, misalnya surat, transparansi, chart dan lain-lain
  3. Media komunikasi yang berupa audio visual, yaitu alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat didengarkan , misalnya televise, VCD, Layar lebar, internet, wawancara (face to face), kunjungan dan sebagainya.
C. Metode Pembelajaran.

     1. Ceramah

     2. Tanya Jawab

     3. Demonstrasi

     4. Penugasan

     Pendekatan : PAIKEM GEMBROT ( Pembelajaran aktif, Interaktif, kreatif, efektif,

     Menyenangkan, gembira dan berbobot)

     Model Pembelajaran : CTL ( Contekstual Teaching Learning)

 
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

    SCENARIO :

 
NO KEGIATAN PEMBELAJARAN WAKTU PPBKB

KEGIATAN AWAL

 a. Guru mengkondisikan kelas untuk siap melaksanakan pembelajaran

 b. Siswa dibimbing guru untuk memulai berdoa sebelum KBM di mulai

 c. Guru memeriksa kerapihkan dan kelengkapan atribut siswa.

 d. Guru membimbing siswa untuk memperhatian kebersihan kelas dari sampah.

 
APERSEPSI

Dalam kegiatan apersepsi guru :

 a. Mengulas kembali materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.

 b. Menjelaskan tujuan, manfaat dan penerapan yang nyata tentang materi yang akan disampaikan.

 c. Menjelaskan tentang kedudukan tentang kompetensi

 d. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan ditempuh

 e. Menginformasikan kepada siswa yang memiliki nilai terbaik akan diberi penghargaan.

 
 KEGIATAN INTI

 EKPLORASI

 Dalam kegiatan eksplorasi guru :

 a. Menjelaskan materi pembelajaran mengenai kopentensi dasar media komunikasi yang tersedia, meliputi ,
    Pengertian media komunikasi dan jenis-jenis media komunikasi.

 b. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang disampaikan.

 c. Menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari siswa mengenai materi yang telah disampaikan

 d. Mendemonstrasikan salah satu media komunikasi yang dapat digunakan untuk komunikasi bisnis,
     contohnya : HP (Hand Phone)

 e. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hasil demonstrasi guru.

 f. Menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa.

 
 ELABORASI

 Dalam kegiatan elaborasi guru :

 a. Melakukan Tanya jawab dan dengar pendapat dengan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.

 b. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk interaktif menyebutkan jenis-jenis media komunikasi pada
     media pembelajaran (Gambar Visual)

c. Guru memberikan penguatan kepada siswa mengenai penting mempelajari media komunikasi.

 
 KONFIRMASI

 Dalam kegiatan konfirmasi guru :

 a. Refleksi siswa diberikan stimulus untuk mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari Media
     komunikasi bisnis.

 b. Menegaskan kembali kebenaran alat-alat sebagai media komunikasi yang termasuk media audio,
     termasuk visual dan media audio visual.

c. Menyimpulkan materi yang telah disampaikan .

 
KEGIATAN AKHIR

a. Guru menyampaikan informasi mengenai materi yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya.

b. Guru memberikan evaluasi berupa test tertulis (Essay)

c. Guru memberikan informasi tugas pencarian di internet tentang media komunikasi secara individu dan tugas
   dikirim via e-mail.(TMT dan TMTT / terlampir)

d. Pembelajaran telah selesai dan diakhiri dengan salam.

 
Waktu yang diperlukan dalam Proses KBM tersebut adalah 
 PEMBUKAAN   :      5 menit

 PROSES             :    15 menit

 PENUTUP          :      5 menit
 

 KARAKTER BANGSA YANG DIHARAPKAN :
 Disiplin

 Religius

 Disiplin

 Peduli lingkungan
 Komunikatif

 Rasa ingin tahu

 Komunikatif
 Disiplin

 Menghargai Prestasi
 Komunikatif

 Demokratis

 Komunikatif
 Rasa ingin tahu

 Demokratis

 Kerja keras

 Komunikatif

 Rasa ingin tahu

 Tanggung jawab
 Kerja keras

 Disiplin

 Tanggung jawab

 Rasa ingin tahu

 Disiplin

 Rasa ingin tahu

 Religius

 
 Keterangan : PPBKB ( Penilaian Pendidikan Berbudaya Karakter Bangsa)

 
 E. Media Belajar dan Sumber Belajar

 
 1. Alat Pembelajaran : White Board, Spidol, Gambar Visual (Power Point),
     Pointer, HP (Hand Phone)

 2. Bahan (Sumber Pembelajaran)

    - Madul MKDK , Devi puspitasari dkk, Arya Duta

    - Melaksanakan Komunikasi Bisnis, Sutrisno dkk, Yudistira.

 
 F. Evaluasi

 a. Jenis test : Test tertulis

 b. Prosedur test : Test akhir

 c. Bentuk test : Essay (Uraian)

 d. Instrumen Soal :

 
Jawablah pertanyaan dibawah ini dibawah ini dengan singkat dan jelas !

 1. Jelaskan pengertian media komunkasi !

 2. Sebutkan jenis-jenis media komunikasi !

 3. Berikan contoh media komunikasi AUDIO !

 4. Berikan contoh media komunikasi VISUAL !

 5. Berikan contoh media komunikasi AUDIO VISUAL !

 
e. Kunci Jawaban :

1. Media komunikasi adalah suatu alat yang dipergunakan untuk menyampaikan informasi dari seseorang
     kepada orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
2. Jenis-jenis media komunikasi ada 3 macam yaitu : Audio, Visual dan Audio Visual.

3. Contoh media komunikasi Audio : telepon, radio, dan tape recorder.

4. Contoh media komunikasi Visual : Koran, majalah, dan grafik

5. Contoh media komunikasi Audio Visual : Televisi, Komputer, dan Hand Phone (HP)

 
f. Pedoman Penilaian soal Essay :

 
Skor maksimal no soal 1 : 20

Skor maksimal no soal 2 : 20

Skor maksimal no soal 3 : 20

Skor maksimal no soal 4 : 20

Skor maksimal no soal 5 : 20 +

Jumlah skor maksimal = 100

 • Rentang skor 1 – 20

 
g. Pedoman Penskoran PPBKB

 
NO NAMA SISWA PPBKB JUMLAH SKOR NILAI AKHIR

 
1 2 3 4 5 6 7 8

 Aspek PPBKB yang dinilai :

 1. Religius

 2. Disiplin

 3. Peduli lingkungan

 4. Rasa ingin tahu

 5. Komunikatif

 6. Demokratis

 7. Kerja keras

 8. Tanggung Jawab

 
 Kriteria Penskoran PPBKB :

 9,0 - 10,0 : Amat baik

 8,0 - 8,9 : Baik

 7,0 – 7,9 : Cukup

      < 6,9 : Jelek

 Peskoran Nilai PPBKB

 Jumlah skor X 100  / 8  = ……………

 Nilai Akhir = ………………

 Ket : 8 adalah Aspek PPBKB yang dinilai

 

 
                                                                                                                    Bekasi, 16 Nopember 2011

 
Mengetahui :

Kepala SMKN 2 Cikarang Barat                                                                 Guru Mata Pelajaran

 
 
 Drs. Manito Puji Haryanto, M. Pd                                                               Rodiyah, M.Pd

 NIP. 1961225 198903 1 009                                                                     NIP. 19700111 200801 2 003

SILABUS BERKARAKTER BY RODIYAH

CONTOH SILABUS BERKARAKTER (SOFTCOPY ADA DI KURIKULUM)


SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 2 CIKARANG BARAT

MATA PELAJARAN : PRODUKTIF PEMASARAN

KELAS / SEMESTER : X / 2

STANDAR KOMPETENSI : MELAKSANAKAN KOMUNIKASI BISNIS

KODE KOMPETENSI : KK09



KOPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER

JENIS BENTUK CONTOH TM PS PI BELAJAR

TEST TEST TEST

3. Menggnakan 1. Menjelaskan * Media Komunikasi adalah salah 1. Guru menjelaskan pengertian Tertulis Essay Jelaskan 2 4 8 Modul MKDK

Media komunikasi Pengertian satu alat yang dipergunakan untuk media komunikasi Pengetian Devi Puspita

yang tersedia media komunikasi menyampaikan pesan dari seseo- 2. Siswa memperhatikan dengan media sari, dkk,

yang tersedia rang kepada orang lain untuk men- rasa ingin tahu dan berusaha komunikasi Arya Duta

dengan baik dan capai tujuan yang telah ditentukan keras memahaminya dengan Jakarta.

komunikatif *Jenis media komunikasi dikelompok 3. Guru menjelaskan jenis-jenis dan jelas ! Melaksana-

2. Menggunakan dalam tiga macam yaitu : media komunikasi kan Komuni-

salah satu media 1. Media komunikasi berupa Audio: 4. Siswa bertanya secara komunika- kasi Bisnis,

komunikasi bisnis alat komunikasi yang dapat di tif dan memberikan toleransi Sutrisno,dkk

dengan benar tangkap melalui alat pendengar- kepada yang lain untuk mengaju-

dan penuh rasa an, contoh : radio, telepon, kan pertanyaan.

ingin tahu serta tape rekorder dll 5. Guru menjelaskan penggunaan

tanggung jawab 2. Media komunikasi berupa Visual: salah satu media komunikasi.

alat komunikasi yang dapat di tang- 6. Siswa memperhatikan dengan

tangkap melalui alat penglihatan, dengan sikap disiplin dan berusaha

contohnya koran, majalah, transpa- keras untuk bisa memahaminya

ransi, dll 7. Guru mendemonstrasikan salah

3. Media komunikasi berupa Audio satu alat media komunikasi

Visual : alat komunikasi yang dapat 8. Siswa memperhatikan dengan

di tangkap melalui alat pendengar- dengan penuh rasa ingin tahu

an dan penglihat, contohnya :

Televisi, komputer, internet, HP,dll