RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
RODIYAH, M.Pd
NIP. 19700111 200801 2003
Mata Pelajaran : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Melaksanakan Komunikasi Bisnis
Kode Kompetensi : KK09
Kompetensi Dasar : Menggunakan Media Komunikasi yang Tersedia
Indikator (Kriteria Kinerja) :
1. Menjelaskan pengertian media komunikasi dengan baik dan komunikatif
2. Menggunakan salah satu media komunikasi bisnis dengan benar dan penuh rasa ingin tahu serta bertanggung jawab.
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Pertemuan ke : 141. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian media komunikasi dengan baik dan secara komunikatif.
2. Peserta didik dapat membedakan jenis media komunikasi dengan benar dengan rasa ingin tahu.
3. Peserta didik dapat menggunakan salah satu media komunikasi dengan benar dan bertanggung jawab.
B. Materi Pembelajaran
Media Komunikasi : suatu alat yang dipergunakan untuk memudahkan penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
Jenis media komunikasi dapat dikelompokkan dalam tiga macam, yaitu :
- Media komunikasi berupa audio, yaitu suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran, contohnya radio, telepon, tape recorder dan sebagainya.
- Media Komunikasi berupa visual, yaitu alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan, misalnya surat, transparansi, chart dan lain-lain
- Media komunikasi yang berupa audio visual, yaitu alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat didengarkan , misalnya televise, VCD, Layar lebar, internet, wawancara (face to face), kunjungan dan sebagainya.
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Demonstrasi
4. Penugasan
Pendekatan : PAIKEM GEMBROT ( Pembelajaran aktif, Interaktif, kreatif, efektif,
Menyenangkan, gembira dan berbobot)
Model Pembelajaran : CTL ( Contekstual Teaching Learning)
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
SCENARIO :
NO KEGIATAN PEMBELAJARAN WAKTU PPBKB
KEGIATAN AWAL
a. Guru mengkondisikan kelas untuk siap melaksanakan pembelajaran
b. Siswa dibimbing guru untuk memulai berdoa sebelum KBM di mulai
c. Guru memeriksa kerapihkan dan kelengkapan atribut siswa.
d. Guru membimbing siswa untuk memperhatian kebersihan kelas dari sampah.
APERSEPSI
Dalam kegiatan apersepsi guru :
a. Mengulas kembali materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
b. Menjelaskan tujuan, manfaat dan penerapan yang nyata tentang materi yang akan disampaikan.
c. Menjelaskan tentang kedudukan tentang kompetensi
d. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan ditempuh
e. Menginformasikan kepada siswa yang memiliki nilai terbaik akan diberi penghargaan.
KEGIATAN INTI
EKPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi guru :
a. Menjelaskan materi pembelajaran mengenai kopentensi dasar media komunikasi yang tersedia, meliputi ,
Pengertian media komunikasi dan jenis-jenis media komunikasi.
b. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang disampaikan.
c. Menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari siswa mengenai materi yang telah disampaikan
d. Mendemonstrasikan salah satu media komunikasi yang dapat digunakan untuk komunikasi bisnis,
contohnya : HP (Hand Phone)
e. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hasil demonstrasi guru.
f. Menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa.
ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi guru :
a. Melakukan Tanya jawab dan dengar pendapat dengan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
b. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk interaktif menyebutkan jenis-jenis media komunikasi pada
media pembelajaran (Gambar Visual)
c. Guru memberikan penguatan kepada siswa mengenai penting mempelajari media komunikasi.
KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi guru :
a. Refleksi siswa diberikan stimulus untuk mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari Media
komunikasi bisnis.
b. Menegaskan kembali kebenaran alat-alat sebagai media komunikasi yang termasuk media audio,
termasuk visual dan media audio visual.
c. Menyimpulkan materi yang telah disampaikan .
KEGIATAN AKHIR
a. Guru menyampaikan informasi mengenai materi yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya.
b. Guru memberikan evaluasi berupa test tertulis (Essay)
c. Guru memberikan informasi tugas pencarian di internet tentang media komunikasi secara individu dan tugas
dikirim via e-mail.(TMT dan TMTT / terlampir)
d. Pembelajaran telah selesai dan diakhiri dengan salam.
Waktu yang diperlukan dalam Proses KBM tersebut adalah
PEMBUKAAN : 5 menit PROSES : 15 menit
PENUTUP : 5 menit
KARAKTER BANGSA YANG DIHARAPKAN :
Disiplin
Religius
Disiplin
Peduli lingkungan
Komunikatif
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Disiplin
Menghargai Prestasi
Komunikatif
Demokratis
Komunikatif
Rasa ingin tahu
Demokratis
Kerja keras
Komunikatif
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
Kerja keras
Disiplin
Tanggung jawab
Rasa ingin tahu
Disiplin
Rasa ingin tahu
Religius
Keterangan : PPBKB ( Penilaian Pendidikan Berbudaya Karakter Bangsa)
E. Media Belajar dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran : White Board, Spidol, Gambar Visual (Power Point),
Pointer, HP (Hand Phone)
Pointer, HP (Hand Phone)
2. Bahan (Sumber Pembelajaran)
- Madul MKDK , Devi puspitasari dkk, Arya Duta
- Melaksanakan Komunikasi Bisnis, Sutrisno dkk, Yudistira.
F. Evaluasi
a. Jenis test : Test tertulis
b. Prosedur test : Test akhir
c. Bentuk test : Essay (Uraian)
d. Instrumen Soal :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dibawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Jelaskan pengertian media komunkasi !
2. Sebutkan jenis-jenis media komunikasi !
3. Berikan contoh media komunikasi AUDIO !
4. Berikan contoh media komunikasi VISUAL !
5. Berikan contoh media komunikasi AUDIO VISUAL !
e. Kunci Jawaban :
1. Media komunikasi adalah suatu alat yang dipergunakan untuk menyampaikan informasi dari seseorang
kepada orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
2. Jenis-jenis media komunikasi ada 3 macam yaitu : Audio, Visual dan Audio Visual.
3. Contoh media komunikasi Audio : telepon, radio, dan tape recorder.
4. Contoh media komunikasi Visual : Koran, majalah, dan grafik
5. Contoh media komunikasi Audio Visual : Televisi, Komputer, dan Hand Phone (HP)
f. Pedoman Penilaian soal Essay :
Skor maksimal no soal 1 : 20
Skor maksimal no soal 2 : 20
Skor maksimal no soal 3 : 20
Skor maksimal no soal 4 : 20
Skor maksimal no soal 5 : 20 +
Jumlah skor maksimal = 100
• Rentang skor 1 – 20
g. Pedoman Penskoran PPBKB
NO NAMA SISWA PPBKB JUMLAH SKOR NILAI AKHIR
Aspek PPBKB yang dinilai :
1. Religius
2. Disiplin
3. Peduli lingkungan
4. Rasa ingin tahu
5. Komunikatif
6. Demokratis
7. Kerja keras
8. Tanggung Jawab
Kriteria Penskoran PPBKB :
9,0 - 10,0 : Amat baik
8,0 - 8,9 : Baik
7,0 – 7,9 : Cukup
< 6,9 : Jelek
Peskoran Nilai PPBKB
Jumlah skor X 100 / 8 = ……………
Nilai Akhir = ………………
Ket : 8 adalah Aspek PPBKB yang dinilai
Bekasi, 16 Nopember 2011
Kepala SMKN 2 Cikarang Barat Guru Mata Pelajaran
Drs. Manito Puji Haryanto, M. Pd Rodiyah, M.Pd
NIP. 1961225 198903 1 009 NIP. 19700111 200801 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar