Sabtu, 10 Desember 2011

RPP BERKARAKTER BY RODIYAH

Contoh RPP BERKARAKTER (Softcopynya ada di Kurikulum SMKN 2 Cikarang Barat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
RODIYAH, M.Pd
NIP. 19700111 200801 2003
 
Nama Sekolah              : SMKN 2 Cikarang Barat
Mata Pelajaran              : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas / Semester           : X / 2
Standar Kompetensi      : Melaksanakan Komunikasi Bisnis
Kode Kompetensi         : KK09
Kompetensi Dasar          : Menggunakan Media Komunikasi yang Tersedia
Indikator (Kriteria Kinerja) :
1.  Menjelaskan pengertian media komunikasi dengan baik dan komunikatif
2. Menggunakan salah satu media komunikasi bisnis dengan benar dan penuh rasa ingin tahu serta bertanggung jawab.

 
Alokasi Waktu          :     2 X 45 menit
Pertemuan ke            :     14

 
A. Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian media komunikasi dengan baik dan secara komunikatif.
2. Peserta didik dapat membedakan jenis media komunikasi dengan benar dengan rasa ingin tahu.
3. Peserta didik dapat menggunakan salah satu media komunikasi dengan benar dan bertanggung jawab.

 
 B. Materi Pembelajaran
      Media Komunikasi : suatu alat yang dipergunakan untuk memudahkan penyampaian informasi dari  
      seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Jenis media komunikasi dapat dikelompokkan dalam tiga macam, yaitu :
  1. Media komunikasi berupa audio, yaitu suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran, contohnya radio, telepon, tape recorder dan sebagainya.
  2. Media Komunikasi berupa visual, yaitu alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan, misalnya surat, transparansi, chart dan lain-lain
  3. Media komunikasi yang berupa audio visual, yaitu alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat didengarkan , misalnya televise, VCD, Layar lebar, internet, wawancara (face to face), kunjungan dan sebagainya.
C. Metode Pembelajaran.

     1. Ceramah

     2. Tanya Jawab

     3. Demonstrasi

     4. Penugasan

     Pendekatan : PAIKEM GEMBROT ( Pembelajaran aktif, Interaktif, kreatif, efektif,

     Menyenangkan, gembira dan berbobot)

     Model Pembelajaran : CTL ( Contekstual Teaching Learning)

 
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

    SCENARIO :

 
NO KEGIATAN PEMBELAJARAN WAKTU PPBKB

KEGIATAN AWAL

 a. Guru mengkondisikan kelas untuk siap melaksanakan pembelajaran

 b. Siswa dibimbing guru untuk memulai berdoa sebelum KBM di mulai

 c. Guru memeriksa kerapihkan dan kelengkapan atribut siswa.

 d. Guru membimbing siswa untuk memperhatian kebersihan kelas dari sampah.

 
APERSEPSI

Dalam kegiatan apersepsi guru :

 a. Mengulas kembali materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.

 b. Menjelaskan tujuan, manfaat dan penerapan yang nyata tentang materi yang akan disampaikan.

 c. Menjelaskan tentang kedudukan tentang kompetensi

 d. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan ditempuh

 e. Menginformasikan kepada siswa yang memiliki nilai terbaik akan diberi penghargaan.

 
 KEGIATAN INTI

 EKPLORASI

 Dalam kegiatan eksplorasi guru :

 a. Menjelaskan materi pembelajaran mengenai kopentensi dasar media komunikasi yang tersedia, meliputi ,
    Pengertian media komunikasi dan jenis-jenis media komunikasi.

 b. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang disampaikan.

 c. Menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari siswa mengenai materi yang telah disampaikan

 d. Mendemonstrasikan salah satu media komunikasi yang dapat digunakan untuk komunikasi bisnis,
     contohnya : HP (Hand Phone)

 e. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hasil demonstrasi guru.

 f. Menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa.

 
 ELABORASI

 Dalam kegiatan elaborasi guru :

 a. Melakukan Tanya jawab dan dengar pendapat dengan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.

 b. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk interaktif menyebutkan jenis-jenis media komunikasi pada
     media pembelajaran (Gambar Visual)

c. Guru memberikan penguatan kepada siswa mengenai penting mempelajari media komunikasi.

 
 KONFIRMASI

 Dalam kegiatan konfirmasi guru :

 a. Refleksi siswa diberikan stimulus untuk mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari Media
     komunikasi bisnis.

 b. Menegaskan kembali kebenaran alat-alat sebagai media komunikasi yang termasuk media audio,
     termasuk visual dan media audio visual.

c. Menyimpulkan materi yang telah disampaikan .

 
KEGIATAN AKHIR

a. Guru menyampaikan informasi mengenai materi yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya.

b. Guru memberikan evaluasi berupa test tertulis (Essay)

c. Guru memberikan informasi tugas pencarian di internet tentang media komunikasi secara individu dan tugas
   dikirim via e-mail.(TMT dan TMTT / terlampir)

d. Pembelajaran telah selesai dan diakhiri dengan salam.

 
Waktu yang diperlukan dalam Proses KBM tersebut adalah 
 PEMBUKAAN   :      5 menit

 PROSES             :    15 menit

 PENUTUP          :      5 menit
 

 KARAKTER BANGSA YANG DIHARAPKAN :
 Disiplin

 Religius

 Disiplin

 Peduli lingkungan
 Komunikatif

 Rasa ingin tahu

 Komunikatif
 Disiplin

 Menghargai Prestasi
 Komunikatif

 Demokratis

 Komunikatif
 Rasa ingin tahu

 Demokratis

 Kerja keras

 Komunikatif

 Rasa ingin tahu

 Tanggung jawab
 Kerja keras

 Disiplin

 Tanggung jawab

 Rasa ingin tahu

 Disiplin

 Rasa ingin tahu

 Religius

 
 Keterangan : PPBKB ( Penilaian Pendidikan Berbudaya Karakter Bangsa)

 
 E. Media Belajar dan Sumber Belajar

 
 1. Alat Pembelajaran : White Board, Spidol, Gambar Visual (Power Point),
     Pointer, HP (Hand Phone)

 2. Bahan (Sumber Pembelajaran)

    - Madul MKDK , Devi puspitasari dkk, Arya Duta

    - Melaksanakan Komunikasi Bisnis, Sutrisno dkk, Yudistira.

 
 F. Evaluasi

 a. Jenis test : Test tertulis

 b. Prosedur test : Test akhir

 c. Bentuk test : Essay (Uraian)

 d. Instrumen Soal :

 
Jawablah pertanyaan dibawah ini dibawah ini dengan singkat dan jelas !

 1. Jelaskan pengertian media komunkasi !

 2. Sebutkan jenis-jenis media komunikasi !

 3. Berikan contoh media komunikasi AUDIO !

 4. Berikan contoh media komunikasi VISUAL !

 5. Berikan contoh media komunikasi AUDIO VISUAL !

 
e. Kunci Jawaban :

1. Media komunikasi adalah suatu alat yang dipergunakan untuk menyampaikan informasi dari seseorang
     kepada orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
2. Jenis-jenis media komunikasi ada 3 macam yaitu : Audio, Visual dan Audio Visual.

3. Contoh media komunikasi Audio : telepon, radio, dan tape recorder.

4. Contoh media komunikasi Visual : Koran, majalah, dan grafik

5. Contoh media komunikasi Audio Visual : Televisi, Komputer, dan Hand Phone (HP)

 
f. Pedoman Penilaian soal Essay :

 
Skor maksimal no soal 1 : 20

Skor maksimal no soal 2 : 20

Skor maksimal no soal 3 : 20

Skor maksimal no soal 4 : 20

Skor maksimal no soal 5 : 20 +

Jumlah skor maksimal = 100

 • Rentang skor 1 – 20

 
g. Pedoman Penskoran PPBKB

 
NO NAMA SISWA PPBKB JUMLAH SKOR NILAI AKHIR

 
1 2 3 4 5 6 7 8

 Aspek PPBKB yang dinilai :

 1. Religius

 2. Disiplin

 3. Peduli lingkungan

 4. Rasa ingin tahu

 5. Komunikatif

 6. Demokratis

 7. Kerja keras

 8. Tanggung Jawab

 
 Kriteria Penskoran PPBKB :

 9,0 - 10,0 : Amat baik

 8,0 - 8,9 : Baik

 7,0 – 7,9 : Cukup

      < 6,9 : Jelek

 Peskoran Nilai PPBKB

 Jumlah skor X 100  / 8  = ……………

 Nilai Akhir = ………………

 Ket : 8 adalah Aspek PPBKB yang dinilai

 

 
                                                                                                                    Bekasi, 16 Nopember 2011

 
Mengetahui :

Kepala SMKN 2 Cikarang Barat                                                                 Guru Mata Pelajaran

 
 
 Drs. Manito Puji Haryanto, M. Pd                                                               Rodiyah, M.Pd

 NIP. 1961225 198903 1 009                                                                     NIP. 19700111 200801 2 003

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar